Rabu, 19 Februari 2014

SOSIOLOGI | Lembaga Sosial

Lembaga Sosial
A. PENGERTIAN LEMBAGA SOSIAL
Perubahan social adalah seperangkat aturan yang berisi nilai &norma social untuk mengatur kegiatan &kebutuhan social tretentu .
Beberapa definisi lembaga social menurut para sosiolog

  •  Koentjaningrat (1990),lembaga social adalah sistem tata kelakuan dengan hubungan yang berpusat kepada kegiatan kegiatan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, khususnya kebutuhan hidup masyarakat .
  •  Bruch cohen (1992),lembaga social adalah sistem pola-pola yang tersusun rapi &relatif bersifat tetap,serta mengandung prilaku-prilaku yang kokoh &terpadu ,demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat .
  •  William kornblum (1993:64),lembaga social di bentuk untuk memenuhi kebutuhan /sarana untuk mewujudkan kebutuhan pokok manusia
  •  Paul B.Hortomn(1996:244) lembaga social adalah suatu sistem norma untuk mencapai sesuatu tujuan atau kegiatan yang di pandang oleh masyarakat di pandang penting atau secara formal merupakan sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan yang berkisar pada suatu kegiatan pokok manusia .
 B. PERBEDAAN LEMBAGA DENGAN PRANATA
Lembaga merupakan badan atau organisasi tempat melaksanakan pranata
Sedangkn pranata merupakan kegiatan /aktivitas di dalam lembaga .

KETERKAITAN ANTARA LEMBAGA & PRANATA
Lembaga & pranata saling di samakan ,walaupun sebenarnya antara lembaga memiliki perbedaan yang sangat fundamental ,namun antara lembaga dengan pranata merupakan satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan & saling ketergantungan hal inilah yang menyebabkan lembaga sering di samakan dengan pranata .lembaga tampa pranata tidak akan berguna &sebaliknya lembaga antar pranata tidak akan berjalan sebagaimana mestinya .
C.CIRI –CIRI LEMBAGA SOSIAL
  • Lembaga social adalah organisasi dari pola pola pemikiran dan pola pola prilaku yang terwujud melalui aktifitas aktifitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya .
  • Setiap lembaga sosialmemiliki tingkat kekekalan tertentu .sistem sistem kepercayaan &aneka macam tindakan baru akan menjadi kegiatan dari lembaga social setelah melewati waktu yang relative lama .
  • Usia suatu lembaga social lebih panjang dari pada usia orang perongan /individu yang membentuknya mempertahankannya atau mengubahnya .
  • Setiap lembaga social memiliki nilai nilai tersendiri .yaitu sistem gagasan mendasar yang dimiliki secara bersama sama oleh sekelompok orang
  • Lebaga social mempunyai satu atau beberapa tujuan yang munkin saja tidak sejaln dengan fungsi lembaga itu
  • Lembaga social mempunyai alat alat perlengkapan yang di gunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan
  • Setiap lembaga social memiliki lambing lambing yang merupakan cirri khas /symbol
  • Suatu lembaga social mempunyai tradisi tertulis maupun tidak tertulis ,yang antara lain merumuskan tujuan & tata tertib yang berlaku .
D.FUNGSI LEMBAGA SOSIAL
a.fungsi manifest & fungsi laten
1) fungsi   manifest  adalah  fungsi  lembaga yang  di  sadari (nyata).maksudnya suatu lembaga mempunyai fungsi yg oleh banyak  orang di  pandang & di harapkan akan di penuhi oleh lembaga itu.misalnya  fungsi keluarga .semua  orang  mengetahui bahwa keluarga   berfungsi   untuk   melanjutkan   keturunan ,tempat mendidik & memberkan perlindungan pada anak ,&sekaligus memberikan kebutuhan sandang &pangan hingga anak ank tumbuh menjadi idividu yang mandiri .
2) fungsi laten adalah fungsi lembaga yang tidak di sadari oleh masyarakat (tersembunyi ) atau  hanya  disadari  oleh orang  orang  tertentu  saja  ,tetapi  berpengaruh  besar bagi perkembangan masyarakat .misalnya ,keluarga juga berfungsi melakukan pengendalian social agar anggotanya tiadak melakukan penyimpangan .
b.fungsi positif (funsional )dan fungsi negative (disfungsional)
1) suatu lembaga social dikatan fungsional bagi kelangsungan hidupmasyarakat apabila ikut medukung kelangsungan hidup masyarakat .contohnya lembaga pernikahan ,pendidikan dan olahraga .
2) sebaliknya suatu lembaga social di katakatan disfungsional apabila keberadaanya merugikan kelangsungan hidup masyarakat misalnya ,lembaga pasar gelap &jaringan obat bius .
E.TUJUAN LEMBAGA SOSIAL
Menurut koentjaningrat ,terdapat delapan macam tujuan lembaga social yaitu sbb.
  1. Lembaga social yang bertujuan memiliki kebutuhan social & kekerabatan . contohnya ,perkawinan & keluarga .
  2. Lembaga social yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencarian hidup ,meproduksi ,menimbun &memproduksi barang .contohnya perdagangan koprasi,perikanan ,pertenakan dll.
  3. Lembaga social yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan. contohnya ; TK,SD,SMP,SMA,PERGURUAN TINGGI dll
  4. Lembaga social yang bertujuan memeuhi kebutuhan ilmiah manusia,contohnya :     Ilmu pengetahuan .
  5. Lembaga social yang mwmenuhi kebutuhan rohani /batin dalam menyatakan keindahan & kreasi.contohnya :seni rupa,seni suara dll
  6.  Lembaga social yang bertujuanmemenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan   dengan tuhan .contohnya mesjid gereja & lain –lain .
  7. Lembaga social yang bertujuan memenuhi kebutuhan untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara .contohnya pemerintahan,kepolisian,dll
  8. Lembaga social yang bertujuan mengukur kebutuhan jasmani manusia . contohnya  pemeliharaan kesehatan,kecantikan ,dll
E.TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL
1. berdasarkan perkembangannya
a) cresve institution ,yaitu lembaga yang tidak sengaja tumbuh dari adatistiadat yang berkembang di lingkungan masyarakat .contohnya perkawinan ,agama & HAK MILIK .
b)enacted institution ,yaitu lembaga yang sengaja di bentuk untuk memenuhi tujuan tertentu contohnya lembaga pendidikan ,perdagangan &penggadaian .
2.berdasarkan sistem nilai yang di terima masyarakat.
a) basic institution ,yaitu lembaga yang sagat penting untuk memelihara & mempertahankan tata tertib dalam masyarakat .contoh:keluarga,sekolah,tempat ibadah & Negara
b) subsidiary institution ,yaitu lembaga yang kurang penting  contoh :kegiatan rekreasi
3.BERDASARKAN  PENERIMAAN  MASYARAKAT
a) approved atau social sacitioned institution,yaitu lembaga yang di terima oleh masyarakat contoh sekolah atu perusahaan dagang .
b) unsanctioned institution yaitu lembaga yang di tolak oleh masyarakat walaupun kadang kadang tidak dapat membrantasnya .contoh kelompok penjahat dan pemeras .
4.berdasarkan factor penyebarannya .
a) general institution yaitu lembaga  yang di kelan oleh semua masyarakat di dunia  contoh agama .
b) restricted institution ,yaitu lembaga yang hanya di kenal di beberapa bagian masyarakat di dunia .contoh islam,Kristen,hindu & budha .
5. berdasarkan fungsinya
a)operative institutions ,yaitu lembaga yang berfungsi menghimpun pola pola atau tata cara yang di perlukan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersngkutan .contoh lembaga industri .
b)regulative institutions ,yaitu lembaga yang berfungsi mengawas adat atau tata kelakuan yang tidak menjadi bagian yang mutlak dari lembaga itu sendiri .contoh ,lembaga hokum (kejaksaan & keadilan ).

A) lembaga keluarga 
Horton & Hunt
Mengatakan bahwa fungsi keluarga antara lain:
a)      fungsi pengaturan seksual
keluarga adalah lembaga yang merupakan tempat bagi masyarakat untuk mengatur & meng organisasikan kepuasan & keinginan seksual .
b)      fungsi reproduksi
untuk memiliki keturunan setiap masyarakat tergantng pada keluarga
c)      fungsi sosialisasi
perkembangan masyarakat tergantung pada keluarga ,keluarga merupakan tempat sosialisasi pertama & yang paling utama bagi anak sehingga kelak dapat berperan dengan baik di msyarakat .
d)      fungsi afeksi
adalah ungsi keluarga yang berhubungan denan kebutuhan  emosional (perasaan ) dan kasih sayang kasih saying orang tua terhadap anaknya dapat dijalin dengan baik sehingga di dalam dirianak akan timbul perasaan & kepercayaan yang sama dengan orang tuanya .
e)      fungsi penentuan status
dalam sebuah keluarga ,seseorang mewarisi suatu rangkaian status ,seseorang di serahi atau menerima beberapa status dalam keluarga berdsarkan umur ,jenis kelamin & urutan kelahiran .
f)       fungsi perlindungan
dalam setiap masyarakat,keluarga memberikan perlindungan fisik ,ekonomis & psiologis bagi seluruh anggotanya .
g)      fungsi ekonomi
keluarga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi aggota keluarganya .

B ) lembaga agama
Dalam pandangan EMILLE DHURKEIM ,agama   adalah suatu sistem kepercayaan beserta praktiknyadlam suatu komunitas moral adapun agama berisi tentang :
1 ) sesuatu yang di anggap sekrat melebihi kehidupan di duniawi & menimbulkan rasa ke kaguman & penghormatan
2 ) sekumpulan kepercayaan tentang hal yang di anggap sekral .
3 ) penegasan kepercayaan dengan melaksanakan ritual ,yaitu aktivitas ke agamaan
4 ) sekumpulan kepercayaan yang ikut dalam ritual yang sama

c) lembaga ekonomi
menurut paul  Samuelson ,lembaga ekonomi merupakan cara cara yang di lakukan oleh manusia &kelompokny antuk memproleh berbagai komoditi &mendistribusikannya untuk di konsumsi oleh masyarakat .
lembaga ekonomi memiliki tiga unsure penting yaitu produksi ,distribusi konsumsi barang & jasa .
D ) lembaga pendidikan
pendidikan dalam masyarakat yang modern bersifat missal dan memiliki dua aspek penting yaitu :
  • aspek individu
  • aspek social
secara sederhana ,ruang pendidikan dapt di laksanakan melalui tiga tahap  yaitu sebagai berikut:
  • pendidikan dalam keluarga (formal )
  • pendidika sekolah (formal )
  • pendidikan dalam masyarakat (non formal)
1) Bruce j cohen
Bruch j. cohen menyatakan bahwa fungsi lembaga pendidikan yaitu sebagi berkut :
a ) memberikan persiapan bagi peran peran dlm bidang pekerjaan
b ) bertindak sebagai perantara terhadap pewarisan kebudayaan
c ) memperkenalkan kepada individu individu tentang berbagai peran masyarakat
d )mempersiapkan idividu dengan berbagai peran social yang di kehendaki
e ) memberikan landasan bagi penilaia & pemahaman terhadap status social yang relative
f ) meingkatkan kemajuan melalui pengikut sertaan dalam riset riset ilmiah
g ) meperkuat penyesuaian diri & mengembangkan hubungan social

2)  horton & hont
Horton & hunt  sebagai berikut :
a)lembaga pendidikan memiliki fungsi  manfest, yaitu sebagai berikut :
  •  membantu orang untuk sanggup mencari nafkah terhadap .
  • Menolong orang untuk mengembangkan potensi demi pemenuhan kebutuhan pribadi & pengembangan masyarakat
  • Melestarikan kebudayaan dengan cara mewariskan nya dari suatu generasi ke generasi selanjutnya
  • Merangsangpartisipasi demokratis melalui pengajaran keterampilan berbicara & berkemampuan berfikir secara rasional & bebas
  • Memperkaya kehidupan dengan menciptakan kemungkina untuk berkembangnya  cakrawala intelektual
  • Meingkatkan kemampuan penyesuaian diri
  • Meningkatkan taraf kesehatan para peudalewat latihan olah raga & pemberian ilmu kesehatan
  • Menciptakan warganegara yang mencintai tanah air dan bangsa melalui pelajaran yang melukiskan kejayaan Negara
  • Meunjang integrasi antara ras yang berbeda
  • Mengadakan hiburan umum ,seperti petunjukan sekolah
  • Membentuk kepribadian
b) lembaga pendidikan juga memiliki fungsi laten ,yaitu sebagai berikut :
  • Perpanjangan masa ketidak dewasaan
  • Melemahnya pengawsan orang tua
  • Mempertahankan sistem klas social
  • Tempat bermaungnya perbedaan pendapat .


0 komentar:

Posting Komentar