Lembaga Sosial
A. PENGERTIAN LEMBAGA SOSIAL
Perubahan social
adalah seperangkat aturan yang berisi nilai &norma social untuk mengatur
kegiatan &kebutuhan social tretentu .
Beberapa definisi
lembaga social menurut para sosiolog
- Koentjaningrat (1990),lembaga
social adalah sistem tata kelakuan dengan hubungan yang berpusat kepada
kegiatan kegiatan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, khususnya
kebutuhan hidup masyarakat .
- Bruch cohen
(1992),lembaga social adalah sistem pola-pola yang tersusun rapi
&relatif bersifat tetap,serta mengandung prilaku-prilaku yang kokoh
&terpadu ,demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat .
- William kornblum
(1993:64),lembaga social di bentuk untuk memenuhi kebutuhan /sarana untuk
mewujudkan kebutuhan pokok manusia
- Paul B.Hortomn(1996:244)
lembaga social adalah suatu sistem norma untuk mencapai sesuatu tujuan
atau kegiatan yang di pandang oleh masyarakat di pandang penting atau
secara formal merupakan sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan yang
berkisar pada suatu kegiatan pokok manusia .
B. PERBEDAAN LEMBAGA DENGAN PRANATA
Lembaga merupakan
badan atau organisasi tempat melaksanakan pranata
Sedangkn pranata
merupakan kegiatan /aktivitas di dalam lembaga .
KETERKAITAN ANTARA
LEMBAGA & PRANATA
Lembaga & pranata
saling di samakan ,walaupun sebenarnya antara lembaga memiliki perbedaan yang
sangat fundamental ,namun antara lembaga dengan pranata merupakan satu kesatuan
yang tidak dapat di pisahkan & saling ketergantungan hal inilah yang
menyebabkan lembaga sering di samakan dengan pranata .lembaga tampa pranata
tidak akan berguna &sebaliknya lembaga antar pranata tidak akan berjalan
sebagaimana mestinya .
C.CIRI –CIRI LEMBAGA SOSIAL
- Lembaga social adalah
organisasi dari pola pola pemikiran dan pola pola prilaku yang terwujud
melalui aktifitas aktifitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya .
- Setiap lembaga sosialmemiliki
tingkat kekekalan tertentu .sistem sistem kepercayaan &aneka macam
tindakan baru akan menjadi kegiatan dari lembaga social setelah melewati
waktu yang relative lama .
- Usia suatu lembaga social lebih
panjang dari pada usia orang perongan /individu yang membentuknya
mempertahankannya atau mengubahnya .
- Setiap lembaga social memiliki
nilai nilai tersendiri .yaitu sistem gagasan mendasar yang dimiliki secara
bersama sama oleh sekelompok orang
- Lebaga social mempunyai satu
atau beberapa tujuan yang munkin saja tidak sejaln dengan fungsi lembaga
itu
- Lembaga social mempunyai alat
alat perlengkapan yang di gunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang
bersangkutan
- Setiap lembaga social memiliki
lambing lambing yang merupakan cirri khas /symbol
- Suatu lembaga social mempunyai
tradisi tertulis maupun tidak tertulis ,yang antara lain merumuskan tujuan
& tata tertib yang berlaku .
D.FUNGSI LEMBAGA SOSIAL
a.fungsi manifest
& fungsi laten
1) fungsi
manifest adalah fungsi lembaga yang di sadari
(nyata).maksudnya suatu lembaga mempunyai fungsi yg oleh banyak orang
di pandang & di harapkan akan di penuhi oleh lembaga itu.misalnya
fungsi keluarga .semua orang mengetahui bahwa keluarga
berfungsi untuk melanjutkan keturunan
,tempat mendidik & memberkan perlindungan pada anak ,&sekaligus
memberikan kebutuhan sandang &pangan hingga anak ank tumbuh menjadi idividu
yang mandiri .
2) fungsi laten adalah
fungsi lembaga yang tidak di sadari oleh masyarakat (tersembunyi ) atau
hanya disadari oleh orang orang tertentu
saja ,tetapi berpengaruh besar bagi perkembangan masyarakat
.misalnya ,keluarga juga berfungsi melakukan pengendalian social agar anggotanya
tiadak melakukan penyimpangan .
b.fungsi positif
(funsional )dan fungsi negative (disfungsional)
1) suatu lembaga
social dikatan fungsional bagi kelangsungan hidupmasyarakat apabila ikut
medukung kelangsungan hidup masyarakat .contohnya lembaga pernikahan
,pendidikan dan olahraga .
2) sebaliknya suatu
lembaga social di katakatan disfungsional apabila keberadaanya merugikan
kelangsungan hidup masyarakat misalnya ,lembaga pasar gelap &jaringan obat
bius .
E.TUJUAN LEMBAGA SOSIAL
Menurut koentjaningrat
,terdapat delapan macam tujuan lembaga social yaitu sbb.
- Lembaga social yang bertujuan
memiliki kebutuhan social & kekerabatan . contohnya ,perkawinan &
keluarga .
- Lembaga social yang bertujuan
memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencarian hidup ,meproduksi ,menimbun
&memproduksi barang .contohnya perdagangan koprasi,perikanan
,pertenakan dll.
- Lembaga social yang bertujuan
memenuhi kebutuhan pendidikan. contohnya ; TK,SD,SMP,SMA,PERGURUAN TINGGI
dll
- Lembaga social yang bertujuan
memeuhi kebutuhan ilmiah manusia,contohnya : Ilmu
pengetahuan .
- Lembaga social yang mwmenuhi
kebutuhan rohani /batin dalam menyatakan keindahan & kreasi.contohnya
:seni rupa,seni suara dll
- Lembaga social yang
bertujuanmemenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan
tuhan .contohnya mesjid gereja & lain –lain .
- Lembaga social yang bertujuan
memenuhi kebutuhan untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara
.contohnya pemerintahan,kepolisian,dll
- Lembaga social yang bertujuan
mengukur kebutuhan jasmani manusia . contohnya pemeliharaan
kesehatan,kecantikan ,dll
E.TIPE-TIPE LEMBAGA SOSIAL
1. berdasarkan
perkembangannya
a) cresve institution
,yaitu lembaga yang tidak sengaja tumbuh dari adatistiadat yang berkembang di
lingkungan masyarakat .contohnya perkawinan ,agama & HAK MILIK .
b)enacted institution
,yaitu lembaga yang sengaja di bentuk untuk memenuhi tujuan tertentu contohnya
lembaga pendidikan ,perdagangan &penggadaian .
2.berdasarkan sistem
nilai yang di terima masyarakat.
a) basic institution
,yaitu lembaga yang sagat penting untuk memelihara & mempertahankan tata
tertib dalam masyarakat .contoh:keluarga,sekolah,tempat ibadah & Negara
b) subsidiary
institution ,yaitu lembaga yang kurang penting contoh :kegiatan rekreasi
3.BERDASARKAN
PENERIMAAN MASYARAKAT
a) approved atau
social sacitioned institution,yaitu lembaga yang di terima oleh masyarakat
contoh sekolah atu perusahaan dagang .
b) unsanctioned
institution yaitu lembaga yang di tolak oleh masyarakat walaupun kadang kadang
tidak dapat membrantasnya .contoh kelompok penjahat dan pemeras .
4.berdasarkan factor
penyebarannya .
a) general institution
yaitu lembaga yang di kelan oleh semua masyarakat di dunia contoh
agama .
b) restricted
institution ,yaitu lembaga yang hanya di kenal di beberapa bagian masyarakat di
dunia .contoh islam,Kristen,hindu & budha .
5. berdasarkan
fungsinya
a)operative
institutions ,yaitu lembaga yang berfungsi menghimpun pola pola atau tata cara
yang di perlukan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersngkutan .contoh lembaga
industri .
b)regulative
institutions ,yaitu lembaga yang berfungsi mengawas adat atau tata kelakuan
yang tidak menjadi bagian yang mutlak dari lembaga itu sendiri .contoh ,lembaga
hokum (kejaksaan & keadilan ).
A) lembaga
keluarga
Horton & Hunt
Mengatakan bahwa
fungsi keluarga antara lain:
a)
fungsi pengaturan seksual
keluarga adalah
lembaga yang merupakan tempat bagi masyarakat untuk mengatur & meng
organisasikan kepuasan & keinginan seksual .
b)
fungsi reproduksi
untuk memiliki
keturunan setiap masyarakat tergantng pada keluarga
c)
fungsi sosialisasi
perkembangan
masyarakat tergantung pada keluarga ,keluarga merupakan tempat sosialisasi
pertama & yang paling utama bagi anak sehingga kelak dapat berperan dengan
baik di msyarakat .
d)
fungsi afeksi
adalah ungsi keluarga
yang berhubungan denan kebutuhan emosional (perasaan ) dan kasih sayang
kasih saying orang tua terhadap anaknya dapat dijalin dengan baik sehingga di
dalam dirianak akan timbul perasaan & kepercayaan yang sama dengan orang tuanya
.
e)
fungsi penentuan status
dalam sebuah keluarga
,seseorang mewarisi suatu rangkaian status ,seseorang di serahi atau menerima
beberapa status dalam keluarga berdsarkan umur ,jenis kelamin & urutan
kelahiran .
f)
fungsi perlindungan
dalam setiap masyarakat,keluarga
memberikan perlindungan fisik ,ekonomis & psiologis bagi seluruh anggotanya
.
g)
fungsi ekonomi
keluarga berfungsi
untuk memenuhi kebutuhan ekonomi aggota keluarganya .
B ) lembaga agama
Dalam pandangan EMILLE
DHURKEIM ,agama adalah suatu sistem kepercayaan beserta
praktiknyadlam suatu komunitas moral adapun agama berisi tentang :
1 ) sesuatu yang di
anggap sekrat melebihi kehidupan di duniawi & menimbulkan rasa ke kaguman
& penghormatan
2 ) sekumpulan
kepercayaan tentang hal yang di anggap sekral .
3 ) penegasan
kepercayaan dengan melaksanakan ritual ,yaitu aktivitas ke agamaan
4 ) sekumpulan
kepercayaan yang ikut dalam ritual yang sama
c) lembaga ekonomi
menurut paul
Samuelson ,lembaga ekonomi merupakan cara cara yang di lakukan oleh manusia
&kelompokny antuk memproleh berbagai komoditi &mendistribusikannya
untuk di konsumsi oleh masyarakat .
lembaga ekonomi
memiliki tiga unsure penting yaitu produksi ,distribusi konsumsi barang &
jasa .
D ) lembaga pendidikan
pendidikan dalam
masyarakat yang modern bersifat missal dan memiliki dua aspek penting yaitu :
- aspek individu
- aspek social
secara sederhana
,ruang pendidikan dapt di laksanakan melalui tiga tahap yaitu sebagai
berikut:
- pendidikan dalam keluarga
(formal )
- pendidika sekolah (formal )
- pendidikan dalam masyarakat
(non formal)
1) Bruce j cohen
Bruch j. cohen
menyatakan bahwa fungsi lembaga pendidikan yaitu sebagi berkut :
a ) memberikan persiapan bagi peran peran dlm bidang pekerjaan
a ) memberikan persiapan bagi peran peran dlm bidang pekerjaan
b ) bertindak sebagai
perantara terhadap pewarisan kebudayaan
c ) memperkenalkan
kepada individu individu tentang berbagai peran masyarakat
d )mempersiapkan
idividu dengan berbagai peran social yang di kehendaki
e ) memberikan
landasan bagi penilaia & pemahaman terhadap status social yang relative
f ) meingkatkan
kemajuan melalui pengikut sertaan dalam riset riset ilmiah
g ) meperkuat
penyesuaian diri & mengembangkan hubungan social
2) horton &
hont
Horton &
hunt sebagai berikut :
a)lembaga pendidikan
memiliki fungsi manfest, yaitu sebagai berikut :
- membantu orang untuk
sanggup mencari nafkah terhadap .
- Menolong orang untuk
mengembangkan potensi demi pemenuhan kebutuhan pribadi & pengembangan
masyarakat
- Melestarikan kebudayaan dengan
cara mewariskan nya dari suatu generasi ke generasi selanjutnya
- Merangsangpartisipasi
demokratis melalui pengajaran keterampilan berbicara & berkemampuan
berfikir secara rasional & bebas
- Memperkaya kehidupan dengan
menciptakan kemungkina untuk berkembangnya cakrawala intelektual
- Meingkatkan kemampuan penyesuaian
diri
- Meningkatkan taraf kesehatan
para peudalewat latihan olah raga & pemberian ilmu kesehatan
- Menciptakan warganegara yang
mencintai tanah air dan bangsa melalui pelajaran yang melukiskan kejayaan
Negara
- Meunjang integrasi antara ras
yang berbeda
- Mengadakan hiburan umum
,seperti petunjukan sekolah
- Membentuk kepribadian
b) lembaga pendidikan
juga memiliki fungsi laten ,yaitu sebagai berikut :
- Perpanjangan masa ketidak
dewasaan
- Melemahnya pengawsan orang tua
- Mempertahankan sistem klas
social
- Tempat bermaungnya perbedaan
pendapat .
0 komentar:
Posting Komentar